Apk, Games, Wallpaper, Tips, Trik, Tutorial Android Terbaru

Senin, 27 Oktober 2014

Tips Memperbaiki Tidak Bisa Menerima dan Mengirim SMS di Android

tips mengatasi tidak bisa menerima sms android

Pada saat kita menginstall Custom ROM di HP Android, perlu kamu perhatikan apakah ponsel anda bisa menerima dan mengirim SMS tidak? Karena bukan tidak mungkin smartphone kesayanganmu hanya bisa mengirim SMS namun tidak bisa menerima SMS. Mengapa hal ini terjadi? Pada beberapa kasus ditemukan masalah yang serupa, tidak bisa menerima telpon dari hp lain, SMS sering pending hingga 1 hari, aplikasi penting yang error dan sebagainya.

Dalam artikel ini, saya akan membahas tips memperbaiki hp yang tidak bisa menerima dan mengirim SMS di Android. Bisa disebabkan karena kita telah mengganti Cusrom, salah setting Jaringan Internet, Provider seluler yang koneksinya lambat dan Kerusakan dari segi hardware. Saya telah mengalami masalah ini pada handphone Sony Xperia Z Ultra yang baru saja saya beli, ternyata setelah ganti kartu tiba-tiba tidak ada SMS Yang masuk ke hp sehingga saya sedikit panik.

Sebelum saya menjelaskan tips memperbaiki dan mengatasinya, mari kita pahami dulu beberapa istilah yang menjadi penyebab Tidak bisa menerima dan mengirim SMS di Android. Biasanya pada HP Samsung Galaxy Young,

Apa itu Custom ROM ( Cusrom ) ?
Sedikit ulasan, banyak yang salah menduga tentang Cusrom. Teman saya juga mengubah custom ROM Samsung Galaxy S5 Android. Ada yang beranggapan Cusrom adalah OS, mereka berpikir dengan mengupgrade (Sebutan yang salah) cusrom berarti menaikkan OS dari Gingerbread ke ICS ataupun Jellybean. Dengan maksud ingin bisa mencoba beberapa fitur dan aplikasi yang hanya bisa digunakan di versi ICS ke atas. Contohnya pada kasus munculnya BBM untuk android. Semua berlomba ingin mengupgrade OS-nya yang dari Gingerbread ke Jellybean. Padahal yang dilakukan tersebut tidak akan berguna dan bisa menggunakan aplikasi BBM.

Secara sederhana, Cusrom adalah sebuah paket program dan aplikasi yang di kemas dalam sebuah file yang bisa di timpakan pada ponsel, sehingga mengganti beberapa aplikasi dan program standar ke yang baru (kemasan tadi). Cusrom bukanlah OS (Operation System) tetapi sebuah paket file yang bekerja dengan sistem untuk mengganti tampilan I/O dan menambah suatu fungsi tertentu.

 Nah jika kamu sudah terlanjur menggunakan CUSROM dan ingin tetap bisa mengirim dan menerima SMS berikut tips memperbaiki nya teman :

1. Kamu harus mempersiapkan beberapa alat untuk tahapan perbaikan kali ini, silahkan download terlebih dahulu :
Root Explorer
MMS.zip - Aplikasi SMS Android
Keterangan : Jika kamu sudah pernah membackup MMS.apk silahkan gunakan file tersebut, tidak perlu menggunakan MMS.zip diatas.

2. Masukkan kedua file tersebut ke ponsel Anda, contohnya di simpan pada SDCard (tidak dalam folder). Selanjutnya ikuti langkah di bawah ini dengan benar, semua yang dilakukan pada ponsel :
  • Install aplikasi Root Explorer terlebih dahulu.
  • Jika sudah diinstall, buka Root Explorer tersebut
  • Cari dan masuk kedalam folder system -> app.
  • Cari file Mms.apk di folder tersebut, kemudian hapus.
  • Catatan: Jika file tidak bisa dihapus, perhatikan pada bagian atas layar ada tombol mounted r/o, tekan sehingga berubah menjadi r/w. Lalu coba lagi hapus file Mms.apk tadi.
cusrom mms apk android

3. Selanjutnya, Jika sudah terhapus, kembali cari file Mms.apk yang Anda download tadi (dalam folder sdcard) lalu pindahkan ke folder tersebut (system -> app).

4. Kemudian Jika sudah dipaste, tekan dan tahan file Mms.apk, lalu pilih "Permission".

5. Lalu, Centang ke semua pilihan yang tersedia, seperti pada gambar, klik OK.

setting read write sms android

Read artinya Kamu bisa membaca pesan MMS dan SMS
Write artinya Kamu bisa menulis dan mengirim SMS
Execute artinya kamu bisa mengelola semua pesan seperti Delete, Save, Pindahkan, Copy, dll.

6. Selesai. Silahkan restart HP Android kalian.
Note : Saat memindahkan kedua file, perlu diingat kamu tidak boleh salah menaruh dan tidak boleh lupa nama filenya. Hal ini agar mempermudah proses pencarian di tahap selanjutnya untuk dipindahkan kembali.

Bagi kamu yang tidak mengggunakan CUSROM namun SMS nya error juga, berikut ini Cara Memperbaiki Ponsel Android yang tidak bisa menerima SMS dan mengirim SMS :

Untuk mengakses Internet dan mengirim pesan multimedia, Anda harus memiliki sambungan data seluler dan memperbaiki setelan, juga dikenal sebagai setelan APN (Nama Titik Akses). APN mengidentifikasi jaringan yang dapat disambungkan ke perangkat seluler. Ketika pertama kali membeli hp baru tentu anda akan diminta kartunya untuk dipotong Micro SIM / Nano SIM. Micro SIM dan Nano SIM diperuntukkan untuk hp kelas menengah sampai kelas tinggi.

Anda umumnya dapat mengunduh setelan Internet dan pesan ketika menyiapkan perangkat untuk pertama kali dengan kartu SIM yang dimasukkan. Terkadang setelan yang ada sudah diinstal sebelumnya (Kamu ganti kartu buat test ke kartu asli mu). Jika tidak, Anda dapat mengunduh atau menambahkan setelan secara manual. Hubungi operator jaringan Anda untuk mendapatkan informasi mendetail tentang setelan Internet ( GRPS ) dan pesan ( MMS ).

Jika Anda tidak dapat mengakses Internet, tidak memiliki sambungan data, atau tidak dapat mengirim atau menerima pesan multimedia, coba hapus semua setelan Internet dan pesan lalu tambahkan setelan kembali.

Caranya :
  1. Restart Handphone kamu terlebih dahulu.
  2. Biasanya secara otomatis akan ada setting yang masuk dari Provider kartu SIM anda. Contohnya saya menggunakan Telkomsel, simpati. Untuk kartu lain seperti 3 ( Three ) , XL, Axis, Indosat, IM3, dll juga sama.
  3. Pilih OK pada pesan konfigurasi MMS yang muncul.
Jika tidak muncul settingnya, maka kamu harus melakukannya secara manual pada ponsel Android mu , yaitu di :
Pilih "Setting / Setelan / Pengaturan" -> Selengkapnya -> jaringan seluler -> Nama Jalur Akses
Silahkan kamu lihat sendiri di website kartu perdana masing-masing untuk mengetahui Kode APN dan setelannya. Perlu diingat kamu juga harus mengecek nomor server Pusat Data yang telah tersetting agar benar. Pada screenshoot ini, saya menggunakan Simpati berikut nomor Pusat Datanya.

setting pengaturan sms di android

Kamu bisa mengeceknya dengan cara masuk ke Pesan / SMS lalu pilih tombol setting berbentuk gerigi atau titik 3 sehingga muncul menu pengaturan seperti gambar diatas.
MMS dan SMS memang sebuah fitur yang berbeda namun sebenarnya sama. MMS bisa kita masukkan gambar , suara atau file di dalam menulis sebuah pesan singkat. Silahkan testing hp android mu apakah sudah bisa atau belum setelah menerapkan tips diatas. Inilah tips dan trick tentang cara memperbaiki tidak bisa menerima dan mengirim SMS di Android dan semoga berguna untuk anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Memperbaiki Tidak Bisa Menerima dan Mengirim SMS di Android

0 komentar:

Posting Komentar