Apk, Games, Wallpaper, Tips, Trik, Tutorial Android Terbaru

Jumat, 16 Januari 2015

10 Tips Merawat Iphone yang Wajib Kamu lakukan

tips merawat iphone untuk meningkatkan performa

Kamu baru beli Iphone ? 10 Tips Merawat Iphone yang Wajib Kamu lakukan ini akan membantu loh untuk meningkatkan kinerja dan performa meskipun sebenarnya iphone memiliki kecepatan dengan sangat baik. Tapi tidak salahnya jika anda bisa mengikuti dan langsung praktek untuk mengoptimalkan iphone menjadi lebih kencang dan irit baterai tentunya. Tips-tips di bawah ini kami tujukan buat kamu yang baru pertama kali punya iPhone dan tidak tahu harus melakukan apa, jadi simpan halaman ini di bookmark kamu – buat yang sudah punya juga tetap bisa belajar melalui artikel ini agar Iphone tetap terjaga dan terrawat.

Berikut ini tips mengenai hal apa saja yang harus kamu lakukan setelah membeli iPhone terbaru (iPhone 6 Plus, Iphone 6, Iphone 5S, 5C, 5 Iphone 4, 4S, CDMA, dll) :

1. Aktivasi Iphone-mu dan Buat Apple ID

Saat membeli sebuah iPhone baru tentu kamu akan membuka box nya terlebih dahulu kemudian mengaktifkan smartphone tersebut, taukah anda apakah hal yang muncul? iPhone yang belum pernah dibuka adalah yang muncul pemberitahuan pengaturan bahasa dan jadwal disaat kamu pertama kali menghidupkan perangkat iPhone.

Setelah selesai barulah kalian wajib melakukan aktifasi iphone dan membuat apple ID yang tentu sangat berguna informasi ini untuk kamu. Aktifasi iphone dan membuat apple id bertujuan untuk sinkronisasi perangkat ke berbagai perangkat seperti Iphone dengan komputer PC / Mac anda, juga berfungsi untuk memproteksi perangkat apabila suatu saat hilang atau dicuri.

Membuat Apple ID cukup mudah dilakukan hampir serupa dengan registrasi daftar akun baru di website lain hanya saja perbedaannya kita wajib menambahkan kartu kredit untuk integrasi layanan iCloud, iPos, iTunes, iVideo, iBook dan lainnya. Tapi jangan khawatir gadgeters yang tidak mempunyai kartu kredit, kita bisa membuat akun apple dengan gratis tanpa biaya sedikit pun loh.

membuat akun apple baru di iphone

Berikut ini langkah saat kamu pertama kali menyalakan iPhone dan cara membuat akun apple id baru dengan mudah :

Pertama, nyalakan iPhone dan kamu akan menjumpai welcome screen dengan logo Apple. Tunggu beberapa saat hingga iPhone mengenali kartu sim yang kamu pasang, lakukan slide ke kanan pada bagian yang bertuliskan slide to set up untuk mulai mengatur beberapa hal awal seperti:
  • Pengaturan bahasa dan lokasi
  • Pilih jaringan wifi (kamu bisa memilih tidak tersedia jaringan)
  • Aktivasi location service
  • Selanjutnya kamu melihat "Set Up Your iPhone" (pilih Set Up New iPhone bagi kamu yang belum pernah menggunakan iPhone atau tidak punya backup file dari iPhone sebelumnya di iTunes)
  • Login Apple ID (kamu bisa membuatnya di menu ini dengan memilih Create a Free Apple ID atau nanti saat menggunakan iTunes di komputer sehingga lebih mudah)
  • Aktivasi iCloud, Find My iPhone, set up Touch ID (untuk iPhone 5s) dan terakhir membuat passcode.
  • Aktivasi Siri, setelah itu kamu akan mendapat welcome screen bertulisan Welcome to iPhone dan Get Started pada bagian bawah yang bisa kamu tekan untuk masuk ke home screen.

Setelah iPhone selesai diaktifasi langkah selanjutnya adalah membuat ID Apple baru , berikut caranya :

  1. Buka iTunes pada perangkat kamu kemudian Log Out dari Apple ID yang saat ini sedang dipakai.
  2. Jangan lupa kamu memerlukan jaringan Internet dalam hal ini, bisa menggunakan Wifi Hotspot, Paket data, Wireless.
  3. Lalu buka aplikasi App Store di iPhone kamu, kemudian carilah aplikasi gratisan disana sebagai contohnya "Documents Free, MM Reader, Waze".
app store iphone 5s
4. Setelah kamu pilih, silahkan klik Install dan akan muncul jendela login karena belum memiliki akun. Buat apple id anda sekarang di langkah ini.

5. Isi informasi tentang diri anda dengan lengkap seperti nama, alamat, tanggal lahir, dan setujui perjanjian apple dibawahnya dengan cara mencekliks kotak yang ada.

6. Kemudian, Klik continue. Di halaman selanjutnya, akan diminta detil-detil Apple ID kamu. Username kamu adalah alamat email yang dipakai. Pastikan alamat email tersebut belum terasosiasikan dengan layanan Apple lainnya. Isi form tersebut dengan benar, kemudian setelah selesai klik tombol Continue.

cara membuat apple id iphone

7. Selanjutnya akan muncul menu untuk pembayaran dan aktivasi kartu kredit, pilih None dari ke 3 pilihan yang tersedia yaitu VISA, Mastercard, American Discover, None .

cara membuat apple id iphone-2

8. Payment Method "None" yang sudah terpilih bagian tersebut tidak perlu diubah, kamu cukup isi Billing Address. Masukan data alamat dengan benar, kalau fiktif / palsu bisa terdeteksi oleh Apple yang akan mengakibatkan akun kamu diblok.

9. Setelah selesai, di halaman selanjutnya akan muncul pemberitahuan bahwa kamu harus verifikasi email yang tadi kamu pakai. Lakukan segera, cek Inbox, cek folder Spam apabila tidak ada di Inbox.


10. Finish. Kamu bisa menggunakan iTunes, Download aplikasi di App Store dan sudah terintegrasi ke iCloud system.

2. Install iTunes Terbaru di Komputer

 Apple selalu memberikan keamanan yang ketat bahkan hanya untuk memindahkan file apapun dari perangkat mobile seperti Iphone / Ipad ke komputer dan notebook. Dengan menginstall iTunes di komputer atau laptop kamu, maka anda bisa memindahkan / transfer file musik, video dengan baik. Karena tanpa ada aplikasi iTunes di komputer, jika kamu menghubungkan perangkat iPhone dengan menghubungkan kabel USB Charger ke port laptop maka akan terasa sia-sia karena tidak terdeteksi. Segera download dan install pada halaman resmi Apple ini.
iTunes for Computer PC and Notebook

 3. Sinkronisasi perangkat Iphone 

Apple membuat perangkat iOS dan iTunes di komputer bagai tak terpisahkan layaknya roti dengan kitkat. Pengaturan di iPhone seperti memasukkan aplikasi, lagu, video, file-file lain harus melalui iTunes. Backup atau membuat salinan konfigurasi yang kamu lakukan juga dilakukan menggunakan aplikasi iTunes. Sama halnya dengan restore yaitu memformat ulang iPhone, kamu juga harus menggunakan software bergambar tangga nada tersebut untuk melakukannya. Jadi pastikan sinkronisasi email mu sudah aktif untuk mendukung berbagai layanan Apple.

4. Kelompokan Aplikasi per Kategori


aplikasi iPhone terbaik



Mengelompokkan aplikasi ke dalam satu buah menu tentu akan terlihat rapih dan menghemat tangankita untuk melakukan slide. Mari buat kategori untuk lebih memudahkan dan tahan ikon aplikasi yang ingin dimasukkan kemudian geser ke kotak kategori yang dipilih.

5. Konfigurasi iCloud

Cloud Service buatan Apple yang diberi nama iCloud ini sangat membantu kamu dalam hal sinkronisasi perangkat iOS kamu dengan komputer. Sebagai contoh kamu bisa menambahkan kontak teman-teman kamu di website iCloud melalui komputer dan secara otomatis, kontak itu akan muncul bersamaan di perangkatmu yang lain.

Caranya Aktifkan iCloud pada iPhone yaitu melalui aplikasi Settings – iCloud. Opsi yang dapat kamu aktifkan yaitu: Mail, Contatcs, Calendars, Reminders, Safari Browser, Notes, Passbook, Podcast, Photos, Document & Data dan Find My iPhone.

6. Buka dan Pelajari Aplikasi Bawaan iPhone

aplikasi bawaan iphone

Mempelajari menu dan berbagai aplikasi yang sudah tertanam di perangkat Apple adalah hal yang wajib kamu lakukan. Karena dengan mengetahui setiap fungsi dari masing-masing aplikasi akan mempermudah kita melakukan sesuatu dan mengelola pengaturan.

7. Install Aplikasi iPhone yang Wajib kamu Miliki

Tidak mungkin kan ponsel kamu dibiarkan kosong, yuk install aplikasi penting yang berguna untuk kamu seperti kebutuhan media sosial contohnya Facebook, Twitter, BBM , Instagram, Pinterest, Path, LinkedIn, dan beberapa chat messenger lainnya seperti WhatsApp, Line Messenger, Kakao Talk, WeChat.

8. Tips Menghemat Baterai

iPhone 5s nyatanya hanya memiliki kapasitas baterai berjumlah 1900mAH tentu ini lumayan kecil dari smartphone terbaik tahun 2015 ini yang rata rata memiliki 3000 mAH daya baterai. Oleh karena itu, kamu sangat wajib untuk menghemat baterai hal ini mungkin akan mengurangi sedikit perasaan maksimal anda untuk mengelola perangkat.

Cara Hemat Baterai iPhone yaitu dengan :
  1. Mengaktifkan AirPlane Mode ketika sedang berpergian
  2. Menonaktifkan WiFi, Paket Data Seluler dan Bluetooth
  3. Minimalisasi Kecerahan Layar
  4. Tutup Aplikasi yang sedang tidak kamu gunakan
  5. Bawalah Powerbank asli agar baterai tetap terjaga dan stabil atau tidak bocor
  6. Matikan perangkat
 9. Aktifkan AssistiveTouch 

Kamu tentu gak ingin apabila tombol di iPhone kamu rusak tentunya. Apple menyediakan fitur AssistiveTouch untuk menggantikan semua fungsi yang ada pada seluruh tombol termasuk tombol home, kunci layar, volume up, volume down, heningkan/berdering bunyi, menangkap layar,siri dan lainnya.

Cara mengaktifkan tombol bantuan AssistiveTouch ini yaitu pada bagian :
Settings - General/Umum -  Aksesibilitas - AssistiveTouch

Pilih Nyala untuk mengaktifkan.

10. Setting EQ untuk mengaktifkan Equalizer Musik

Musik yang didengar dari perangkat Iphone memliki kualitas suara yang sengat jernih dan nyaris tanpa bising. Apalagi jika lagu yang kamu miliki bertipe .APAC / .FLAC dan didukung dengan headset / earphone BOSE , Senheisser , atau Audio Technica maka sangat sempurna lah kualitas suara yang kamu dengar. Tapi ada baiknya kamu mengaktifkan fitur EQ ini agar equalizer musik yang tersedia bisa kamu pilih dan tidak tersembunyi.

Cara mengaktifkan EQ :
Ada di menu Settings - pilih icon Music - EQ

mengaktifkan equalizer musik di iphone

Tips Tambahan untuk Merawat iPhone :
  • Gunakan anti gores pada layar depan dan bodi belakang iphone untuk melindungi perangkat agar tidak tergores.
  • Gunakan Mika, Flip Cover, atau iPhone Cases yang bagus untuk melindungi ponsel saat terjatuh atau terbentur dengan keras dan juga melindungi saat hujan dan terkena air.
  • Potong kuku anda, agar tidak merusak layar IPS nya, Karena mahal loh harganya.
  • Setting alarm anda

Demikian tips lengkap yang dapat kami berikan untuk anda, semoga informasi tentang 10 Tips Merawat Iphone yang wajib kamu lakukan ini dapat bermanfaat di kemudian hari dan hari ini. Terimakasih. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 Tips Merawat Iphone yang Wajib Kamu lakukan

0 komentar:

Posting Komentar