Apk, Games, Wallpaper, Tips, Trik, Tutorial Android Terbaru

Sabtu, 16 Agustus 2014

Cara Memperkuat Sinyal dengan Mengatur Mode WCDMA/GSM di Android

Tutorial sebelumnya kita membahas Tips untuk Meningkatkan Kecepatan Internet di HP Android. Dan sekarang mengenai Cara Menstabilkan Sinyal Jaringan dengan Mengatur Mode WCDMA atau GSM pada menu Tipe Mode Jaringan seluler anda. Ponsel pintar yang kita miliki tentu membuat keinginan untuk terhubung di Dunia Maya semakin kuat seperti mencari berita car modification, technology, gadget, membuka social media, menonton video youtube, dan sebagainya. Tentu untuk lancar saat menggunakan koneksi Internet kita perlu untuk mengatur mode jaringan baik WCDMA / GSM agar kita mendapatkan jenis sinyal HSDPA / 3G yang kuat.


sinyal internet android

Ketidakstabilan sinyal tak bisa dianggap remeh, sebab selain berakibat pada jalannya koneksi yang lambat, sinyal yang  labil juga dapat membuat baterai cenderung lebih boros, karena ponsel akan terus dipacu untuk mencari sinyal yang bagus. Untuk membuat sinyal HSDPA menjadi stabil sehingga kecepatan internet Android juga bertambah, perlu dilakukan pengaturan khusus pada HH (hand held) Android. Berikut ini tips untuk menstabilkan sinyal HSDPA yang patut dicoba.

Sebenarnya kasus permasalahan seperti ini ternyata tidak datang hanya dari ponsel Low End saja, ponsel Hight End Seperti Samsung Galaxy Nexus pun tidak dilengkapi pengaturan default 3G/WCDMA Only oleh developer masing-masing ponsel tersebut.
Untuk itu disini diandroids akan memberi tips atau Cara Mengatur Mode Jaringan 3G/WCDMA Only Dengan Kode yang dapat dipanggil.

Perhatian: Mode 3G/WCDMA Only ini hanya diperuntukkan untuk wilayah yang terdapat jaringan 3G (HSDPA) disimbolkan dengan huruf H kalau sinyal 3G tanda simbolnya 3G juga pada notifikasi atas android menu anda. Bila wilayah anda tidak terdapat jaringan 3G maka biarkan saja ponsel android anda berada di Mode Jaringan Otomatis atau EDGE disimbolken huruf E.
Tutorial Cara Menstabilkan Sinyal ini yaitu seperti dibawah ini :

1. Pertama nyalakan HP anda kemudian Buka menu dan masuk menu Call atau pemanggil telpon lalu ketik kode *#*#4636#*#* .

2. Setelah anda mengetik kode *#*#4636#*#* Secara otomatis anda akan dibawa ke menu Pengujian, Sekarang pilih Informasi telepon.

3. Scrolling kebawah maka anda akan melihat Atur jaringan yang dipilih, sekarang anda klik di box pilihannya.
wcdma only stabilkan sinyal android

4. Pilih " WCDMA ONLY ".

Setelah tahap diatas mari kita lakukan Cara Mengecek Sinyal jaringan di Mode WCDMA/GSM pada Android :

1. Masuk ke Menu " Pengaturan / Setting " yang biasanya dibuat logo launcher berbentuk Roda Gerigi.
2. Pilih 'Pengaturan Lainnya' , dan kemudian pilih opsi Jaringan Seluler.

jaringan seluler 1

3. Selanjutnya pilih Mode Jaringan , seperti gambar screenshoot berikut.
jaringan seluler android 2

4. Maka akan muncul jendela Pilihan Mode Jaringan yang kamu gunakan. Jika sebelum diatur tentu setting default adalah GSM/WCDMA ( Mode Otomatis ). Namun jika sudah kita setting maka yang dipilih adalah WCDMA ONLY.
mode jaringan wcdma only

5. Tunggu hingga 1-2 Menit, lalu aktifkan kembali Paket Data Seluler anda.
6. Finish

Setelah melakukan cara di atas, maka dalam beberapa menit sinyal 3G/HSDPA akan menjadi lebih stabil dan baik. Hasilnya tentu saja koneksi internet juga akan menjadi lebih kencang ketika kita melakukan browsing / surfing. Namun, tips cara menstabilkan sinyal HSDPA ini hanya berlaku bagi pengguna yang memang sudah tercover jaringan 3G. Selain itu dari hasil percobaan, ada beberapa seri ponsel Android yang tidak mendukung Japan Band connection. Jika ponsel Anda termasuk salah satunya, maka set saja jaringan ke Auto mode kembali. Semoga bermanfaat dan sukses untuk anda terapkan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Memperkuat Sinyal dengan Mengatur Mode WCDMA/GSM di Android

4 komentar: